Blog Tentang Pernikahan dan Serba Serbinya

Thursday 21 January 2016

Ketahui, Ini 4 Cara Memuliakan Istri

Pernikahan merupakan pintu gerbang sepasang pengantin, suami dan istri untuk mengarungi samudra kehidupan. Pernikahan merupakan momen indah yang tak akan mungkin pernah dilupakan. Pernikahan merupakan awal komitmen sepasang kekasih untuk hidup bersama dengan cinta dan kasih sayang.

Ketahui, Ini 4 Cara Memuliakan Istri

Pernikahan yang bahagia akan terwujud saat suami istri saling menyayangi, menghargai dan memuliakan satu sama lain. Suami wajib memuliakan istri, begitu juga sebaliknya, istri juga harus memuliakan suami sebagai pemimpin. Nah, berikut ini beberapa cara suami memuliakan istri.

1. Memberikan mahar dengan sempurna
Mahar adalah pemberian dari pria kepada wanita yang dinikahinya. Besarnya mahar tergantung pada kemampuan pria dan kerelaan wanita. Setelah diberikan, mahar menjadi milik wanita dan tidak dapat diambil atau diberikan kepada siapapun, kecuali dengan kerelaan sang istri. 

Wanita yang rela mempermudah pemberian mahar dari pihak pria, maka semakin tinggi derajatnya. Memberikan mahar dan menunaikannya secara tuntas merupakan cara awal memuliakan istri. 

2. Memberi nafkah kepada istri
Memberi nafkah kepada istri merupakan kewajiban bagi suami. Selain itu, memberi nafkah kepada istri termasuk cara suami memuliakan istrinya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shalallahualaihiwasalam, 
“Takutlah kepada Allah dalam memperlakukan wanita, karena kamu mengambil mereka dengan amanat Allah dan kamu halalkan kemaluan mereka dengan kalimat Allah; dan kewajiban kamu adalah memberi nafkah dan pakaian kepada mereka dengan baik.”
3. Memberi perlindungan kepada istri
Melindungi istri dari berbagai ancaman dunia maupun akhirat (api neraka) merupakan kewajiban bagi suami. Hal ini juga menjadi bagian memuliakan istri. Caranya dengan mengajarkan kepadanya akhlaqul Quran. Kewajiban ini seperti telah difirmankan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surat At Tahrim berikut ini.
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. (Qs. at-Tahriim: 6)
4. Mempergauli istri dengan baik
Mempergauli istri dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi tugas dan kewajiban seorang suami. Mempergauli istri dengan baik, dalam hal perkataan, perbuatan, penampilan dan lain sebagainya. Sehingga istri merasa dimuliakan sebagai seorang pasangan hidup. Hal ini juga sesuai dengan firman Allah dalam surat An nisa ayat 19,.
“Dan pergaulilah mereka dengan cara yang baik.” (An-Nisa: 19)
Memuliakan istri merupakan kewajiban dan tanggung jawab seorang suami. Istri yang merasa dimuliakan akan semakin sepenuh hati untuk mencintai, menyayangi dan taat kepada suami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ketahui, Ini 4 Cara Memuliakan Istri

0 comments:

Post a Comment