Blog Tentang Pernikahan dan Serba Serbinya

Thursday 3 March 2016

Tips Memilih Souvenir Pernikahan yang Berkesan

Souvenir pernikahan adalah bagian kecil yang hampir selalu ada dalam acara pernikahan. Souvenir merupakan salah satu bentuk ungkapan terimakasih sekaligus kenang-kenangan dari pengantin kepada seluruh tamu undangan yang telah bersedia hadir. Begitu pentingnya peran souvenir, maka memilih souvenir juga harus dipikirkan dengan baik. 

Tips Memilih Souvenir Pernikahan yang Berkesan

Souvenir tidak harus mahal, namun yang terpenting dapat memberikan kesan dan bermanfaat bagi penerimanya. Jangan biarkan souvenir pernikahan menjadi barang yang sia-sia dan berakhir di tempat sampah saja. Nah, untuk mendapatkan souvenir yang berkesan dan bermanfaat, Anda harus pandai-pandai berburu dan berkreasi. Berikut ini beberapa tips memilih souvenir pernikahan yang berkesan untuk Anda.

1. Memiliki manfaat

Memilih souvenir dengan bentuk yang unik dan lucu atau tampilan yang mahal memang tidak ada salahnya. Namun, perhatikan pula kegunaannya bagi penerima. Souvenir yang hanya berguna sebagai pajangan saja umumnya tidak akan bertahan lama, karena akan berdebu, rusak, memakan tempat dan kemudian dibuang. 

Souvenir yang memiliki manfaat tentu akan lebih berkesan karena dapat digunakan dan diingat lebih lama. Nah, beberapa barang yang mungkin bermanfaat dan bentuknya unik-unik pantas dijadikan souvenir seperti pembatas buku, lilin aromatherapy, bibit tanaman, centong kayu, sendok-garpu, pembuka botol, pemotong kuku, kalender abadi, dan banyak lagi.

2. Unik dan menarik

Selain bermanfaat, souvenir yang unik dan menarik akan membuat penerima lebih berkesan. Biasanya, barang-barang yang unik dan tidak biasa ini diproduksi oleh sentra-sentra kerajinan tangan. Selain lebih unik, tentu barang tersebut tidak pasaran. 

Misalnya, jika selama ini souvenir kipas umumnya terbuat dari bambu dengan desain yang pasaran, Anda bisa melihat-lihat sentra kerajinan kipas dengan bentuk yang lebih unik. Anda tinggal menambahkan label kertas untuk mempercantik kipas tersebut. Gunakan internet dan bertanyalah pada teman-teman Anda untuk menambah referensi.

3. Ucapan terimakasih dan alasan

Biasanya souvenir pernikahan dihiasi dengan kemasan dan kertas kecil bertuliskan terimakasih yang terlalu umum. Untuk memberikan kesan berbeda, Anda bisa juga menambahkan alasan atau filosofi dari benda tersebut. Tentu hal ini akan mendapatkan perhatian yang lebih baik daripada sekedar ucapan terimakasih.

Misalnya, jika berupa pembatas buku, maka berikan kalimat-kalimat positif bernuansa cinta dan kasih sayang. Berkreasilah dengan menjadi diri Anda, sehingga saat tamu membaca tersebut, lebih berkesan dan bermanfaat.

4. Hindari cetak nama pada souvenir

Sebenarnya, mencetak nama pada souvenir dapat mengurangi kegunaan dari benda tersebut. Mengapa? Tentu saja karena orang enggan memakai barang bertuliskan nama yang tercetak dengan jelas di souvenir. Sebagaimana Anda juga enggan memakai barang bertuliskan pasangan pengantin bukan?

Nah, jika ingin menuliskan nama Anda dan pasangan sebaiknya, tambahkan media kertas atau plastik yang dapat dilepas dengan mudah. Bisa juga menyamarkan dengan inisial yang kecil agar tidak terlihat jelas.

Dengan beberapa tips diatas ditambah dengan kreativitas yang Anda miliki, pasti sekarang sudah terbayang souvenir apa yang Anda inginkan. Pastikan berkesan dan bermanfaat bagi penerimanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Souvenir Pernikahan yang Berkesan

2 comments: