Blog Tentang Pernikahan dan Serba Serbinya

Monday 25 January 2016

5 Persiapan Mempelai Menjelang Pernikahan

Menjelang pernikahan, banyak sekali persiapan yang harus dilakukan oleh sepasang mempelai. Mulai dari persiapan undangan, souvenir, persiapan gedung, persiapan catering, dan lain sebagainya. Ditengah kesibukan tersebut, ada persiapan dalam diri mempelai yang lebih penting. 

5 Persiapan Mempelai Menjelang Pernikahan

Persiapan hati dan mental menjelang pernikahan tak boleh diabaikan begitu saja. Pernikahan adalah hal yang penting untuk memasuki kehidupan yang baru. Kehidupan baru bersama pasangan juga merupakan hal yang tak kalah penting. Oleh karena itu, persiapan menjelang pernikahan ini tak hanya membawa kita pada suksesnya hari pernikahan, namun juga setelahnya. Berikut ini 5 persiapan mempelai menjelang pernikahan.

1. Meluruskan Niat
Persiapan yang harus selalu diingat yaitu meluruskan kembali niat menikah. Niat menjadi perkara yang penting dalam setiap aktivitas, apalagi menikah. Luruskan niat menikah untuk beribadah kepada Allah Subhanahuwata'ala dan menjalankan sunah Rasulullah Shalallahu 'alaihiwasallam.

Hilangkan sedikit pun niat menikah karena kecantikannya, kekayaannya, ataupun hal lain yang bersifat sementara saja. Semua amal tergantung pada niatnya, dan seseorang akan memperoleh pahala sesuai yang diniatkannya. 

2. Memperbanyak Ilmu

Selama  menjelang pernikahan, jangan pernah berhenti untuk terus belajar. Belajar tentang apapun, terutama dalam mengelola rumah tangga, fikih nikah, mungkin juga ilmu tentang memasak, ilmu tentang romantis dan sebagainya. Pernikahan yang didasari dan dilakukan atas dasar ilmu tentu lebih mudah dilakukan karena tahu rambu-rambunya dan Insyaallah lebih berkah.

3. Merawat Fisik 

Kedua mempelai juga harus mempersiapkan fisik masing-masing. Mempersiapkan fisik tidak hanya dalam hal kecantikan atau ketampanan saja, namun juga dalam hal kesehatan. Menjaga asupan makanan yang sehat, menjaga pola tidur teratur, rutin berolahraga dan menghindari kebiasaan yang buruk bagi kesehatan tubuh. Fisik yang terjaga dengan baik, pasti akan membuat rumah tangga lebih baik.

4. Memahami Hak dan Kewajiban 

Persiapan yang tak kalah penting menjelang pernikahan yaitu belajar memahami hak dan kewajiban masing-masing sebagai pasangan. Dengan saling memahami hak dan kewajiban, maka suami istri lebih kompak dalam menjalankan rumah tangga. Mereka akan saling mengerti dan memahami serta saling terbuka satu sama lain. Sehingga, tak ada lagi miss komunikasi atau salah paham yang dapat menimbulkan masalah.

5. Mempersiapkan Hati untuk Tawakal

Manusia berkewajiban untuk berdoa dan berusaha dengan maksimal. Setelah itu, bertawakal, pasrahkan semuanya pada Allah Subhanahuwata'ala. Menjelang pernikahan pasti diliputi dengan rasa gugup, panik, dan perasaan campur aduk lainnya. Saat merasa demikian, persiapkan hati dengan tawakal. Mohonlah ridhoNya, agar pernikahan berjalan lancar dan keluarga diberikan keberkahan.  

Pernikahan adalah hal yang sakral. Oleh karena itu, mempersiapkannya dengan maksimal menjadi tugas yang harus ditunaikan. Selain persiapan materi, persiapkan hati dan mental dengan ilmu. Dengan ilmu, pernikahan menjadi lebih terarah dan hidup lebih berkah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Persiapan Mempelai Menjelang Pernikahan

0 comments:

Post a Comment