Blog Tentang Pernikahan dan Serba Serbinya

Monday 1 February 2016

Ini 7 Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Pernikahan memang akan menjadi momen yang dikenang sepanjang masa. Meskipun demikian, tidak berarti segala pengeluaran kita curahkan pada momen pernikahan. Selepas pernikahan, sepasang pengantin akan memasuki dunia yang sesungguhnya. Dunia rumah tangga yang akan penuh liku-liku kehidupan. 

Ini 7 Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Dalam memulai berumah tangga, banyak sekali dana yang diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan rumah. Oleh sebab itu, pengeluaran saat pernikahan juga harus diperhatikan dengan bijak. Pernikahan harus berjalan dengan lancar dan bisa dikenang sepanjang masa, namun tidak menghabiskan seluruh dana yang kita miliki. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya pernikahan. 

1. Gedung tak harus strategis
Umumnya, orang menginginkan gedung sebagai tempat resepsi pernikahan karena ruangan yang besar cukup menampung para tamu undangan. Selain itu, lokasi yang strategis memudahkan para tamu menjangkau tempat tersebut. Namun, tempat yang strategis bukanlah hal yang prioritas. Para tamu akan bersedia hadir dimanapun lokasinya. Jika halaman rumah memungkinkan, tak jadi masalah tempat tersebut digunakan. Hanya perlu sedikit dekorasi agar tempat terlihat lebih luas dan indah.

2. Dekorasi Sederhana
Dekorasi ruangan biasanya memakan biaya yang tidak sedikit. Sederhanakan dekorasi sesuai dengan tema yang dipilih dalam acara pesta pernikahan nantinya. Dekorasi dengan satu tema akan lebih menghemat biaya. Selain itu, dekorasi juga lebih sederhana namun nampak elegan.

3. Bijak memilah undangan
Banyak sekali kerabat kita, kerabat calon istri, kerabat orang tua dan kerabat orang tua calon istri yang masuk ke dalam list undangan. Jika dibatasi oleh kuota, maka sebaiknya bijaklah dalam memilah undangan. Tentukan berdasarkan prioritas kedekatan. Faktor kedekatan ini bisa jadi kedekatan lokasi rumah dan kedekatan dalam hubungan saudara. 

4. Desain undangan jangan terlalu mahal
Desain undangan juga harus dipikirkan dengan baik. Jika desain undangan hanya sebagai pemberitahuan tanpa kegunaan lain, tidak perlu dengan harga mahal. Karena nantinya akan terbuang sia-sia. Selain itu, kini kita juga dibantu dengan memanfaatkan jejaring sosial untuk menyebar undangan. Jejaring sosial lebih menjangkau kerabat di lokasi yang jauh dalam waktu singkat.

5. Sewa seragam pernikahan
Untuk menghemat biaya pernikahan selanjutnya yaitu dengan menyewa seragam pernikahan. Tentukan konsep pesta pernikahan yang akan digelar, lalu carilah pihak persewaan yang memiliki pilihan lengkap. Tentu ini akan memakan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membeli seragam pernikahan.  

6. Pilih souvenir yang murah, namun bermanfaat dan berkesan
Souvenir merupakan tanda ucapan terimakasih sekaligus sebagai kenang-kenangan pada tamu. Artinya, souvenir harus memiliki manfaat dan berkesan bagi tamu. Beberapa pilihan yang mungkin menarik yaitu kipas dari bambu, gantungan kunci, pembungkus tisu, tas kecil, gelas dan lainnya. Dengan jumlah pemesanan yang banyak, pasti akan ada potongan harga nantinya.

7. Variasi makanan
Variasi makanan bisa menjadi memangkas biaya pernikahan. Variasi makanan dalam jumlah yang banyak dan membuat banyak tempat makanan kecil-kecil yang terpisah bisa menjadi solusi. Selain mengurangi antria, para tamu juga tidak akan merasa kehabisan karena banyaknya variasi hidangan. Konsep lain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan yaitu dengan menyewa beberapa gerobak jajanan untuk para tamu. Baik makanan berat maupun camilan. Tentu bisa lebih menghemat pengeluaran kita.

Momen indah dalam pernikahan tidak akan terlewatkan dengan beberapa strategi penghematan yang Anda lakukan. Lakukan secara kreatif agar pernikahan lebih berkesan, tidak hanya untuk sepasang pengantin, namun juga untuk para tamu yang hadir.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini 7 Cara Menghemat Biaya Pernikahan

1 comments: