Blog Tentang Pernikahan dan Serba Serbinya

Tuesday 2 February 2016

Ingin Punya Keluarga yang Harmonis? Ini Tipsnya

Awal pernikahan merupakan awal manisnya kebahagian hidup yang akan kita rasakan. Kebahagian hidup ini harus terus dipupuk dan disirami agar tumbuh subur menjadi taman yang harmonis. Begitu perumapaan keluarga yang harmonis, harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik.

Ingin Punya Keluarga yang Harmonis? Ini Tipsnya

Mewujudkan keluarga yang harmonis, bukanlah perkara yang mudah, namun juga bukan perkara yang sulit jika kita paham dan mau mengamalkan ilmunya. Masalah dalam rumah tangga pasti akan selalu ada, karena perbedaan dua individu yang harus dimaklumi. Namun, membentengi setiap permasalahan dengan cinta dan kasih sayang kepada Sang Pencipta menjadi koridor yang harus dipatuhi. 

Singkatnya, untuk mewujudkan keluarga yang harmonis, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. 

1. Menerima Pasangan
Pasangan kita adalah pilihan hidup kita. Sebelum menikah, ia adalah calon yang telah kita seleksi, kita pertimbangkan dan dengan sholat istikharah kita telah memutuskan menjadikan ia pasangan hidup kita. Saat itulah kita harus menerima pasangan hidup seutuhnya. Saat itulah kita merangkai visi dan mimpi yang sama dalam bingkai keluarga.

2. Penuhi Rumah dengan Cinta dan Kasih Sayang
Syarat terpenting mewujudkan keluarga yang harmonis yaitu dengan cinta dan kasih sayang. Hiasi perasaan cinta dan kasih sayang itu ke dalam rumah kita. Sapa ia dengan lembut, berbincanglah dengan rasa cinta, dan selesaikan semua permasalahan dengan kasih sayang. 

3. Pahami Visi dan Mimpi Bersama
Setiap keluarga memiliki visi atau tujuan hidup dan mimpi bersama. Untuk menggapai tujuan dan mimpi tersebut, suami istri harus saling bekerja sama, bukan saling egois. Sifat egois atau mementingkan diri sendiri hanya akan membawa permasalahan, perselisihan dan perpecahan.

4. Terima Kekurangannya, Fokus pada Kelebihannya
Pria dan wanita diciptakan dengan berbagai hal yang berbeda, mulai dari struktur fisik hingga cara pandang terhadap berbagai hal. Terima kekurangannya dan fokuslah pada kelebihannya. Setiap kekurangannya akan tertutupi oleh kelebihan kita. Begitu pula setiap kekurangan kita. Ada ia yang selalu menutupi dengan kelebihannya.

5. Terbuka dan Saling Percaya
Komunikasi yang baik antara pasangan adalah dengan terbuka dan saling percaya. Saat kedua pihak saling terbuka maka rasa saling percaya akan timbul dengan sendirinya. Tak akan ada lagi rasa curiga dan ragu dalam berumah tangga. Munculah rasa nyaman dan tenang dalam diri pasangan.

6. Memahami Hak dan Kewajiban
Kita juga harus saling memahami hak dan kewajiban masing-masing. Hak sebagai seorang istri, seorang ibu dan kewajiban kita sebagai seorang istri sekaligus ibu. Begitu pula ayah yang harus memahami kewajiban dan haknya sebagai seorang suami dan ayah serta pemimpin dalam rumah tangga.

Mewujudkan keluarga harmonis harus didasari dengan kesadaran dari setiap pasangan. Sehingga akan muncul rasa saling mengingatkan, saling membantu dan bekerja sama mewujudkan keluarga yang harmonis, sakinah, mawaddah warahmah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ingin Punya Keluarga yang Harmonis? Ini Tipsnya

0 comments:

Post a Comment