Blog Tentang Pernikahan dan Serba Serbinya

Thursday 4 February 2016

5 Hikmah Dibalik Anjuran Menikah

Manusia ditakdirkan untuk saling berpasang-pasangan. Sehingga setiap manusia pasti memiliki jodohnya masing-masing. Kemudian, manusia yang berjodoh tersebut diikat ke dalam komitmen sakral yang disebut pernikahan. Menikah adalah perintah di dalam Islam dan sunah dari Rasulullah Shalallahu'alaihi wasalam.

5 Hikmah Dibalik Anjuran Menikah

Banyak sekali anjuran menikah yang bisa kita lihat dalam Al Quran dan hadits. Menikah memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Ternyata, tak hanya itu saja, ada banyak hikmah yang terkandung dibalik anjuran menikah ini. Berikut ini beberapa hikmah dibalik anjuran menikah.

1. Wadah penyaluran yang halal
Manusia memiliki hawa nafsu dalam dirinya. Hawa nafsu tersebut harus bisa dikendalikan dan disalurkan sesuai wadahnya masing-masing. Termasuk nafsu syahwat yang harus disalurkan dalam wadah yang halal. Nafsu syahwat yang disalurkan pada cara yang salah dan tempat yang haram, tidak hanya melahirkan dosa, namun juga berbagai penyimpangan dan penyakit. Sebaliknya, nafsu syahwat yang disalurkan dengan cara yang benar dan halal akan membuahkan pahala dan keturunan yang baik. 

2. Mewujudkan moralitas yang baik
Menikah akan melahirkan perasaan saling menjaga dan melindungi harkat dan martabat masing-masing. Dengan menikah, kehormatan sebagai manusia terjaga dengan baik. Sebaliknya, hubungan yang tidak dilandasi dengan pernikahan akan menjatuhkan kehormatan seseorang. Banyak terjadi hubungan diluar nikah, para wanita melahirkan tanpa ayah yang jelas, angka aborsi yang terus meningkat dan tersebarnya virus dan penyakit yang mematikan. Hal ini tentu sangat disayangkan terjadi pada kalangan muda.

3. Membangun rumah tangga yang kokoh
Melalui pernikahan kita saling mencintai, menyayangi dalam bingkai yang halal. Dari rasa cinta dan kasih sayang itu lalu lahir rasa saling memiliki dan bersama berbuat kebaikan. Setiap rumah tangga pasti akan dihadapkan pada berbagai persoalan hidup. Rumah tangga yang kokoh adalah rumah tangga yang mampu menyelesaikan persoalan rumah tangga secara bijak. Rasa sabar dan syukur merupakan kunci membangun rumah tangga yang kokoh. 

4. Berlomba-lomba dalam beribadah
Salah satu tujuan mulia dalah hidup ini adalah untuk beribadah menyembah kepadaNya. Saat sendiri, seringkali kita diliputi rasa malas dan berbagai alasan untuk menunda beribadah. Dengan menikah, kita memiliki partner hidup untuk saling mengingatkan dan memotivasi dalam beribadah. Semangat beribadah akan muncul dan seiring waktu akan membawa pada kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

5. Melahirkan generasi yang baik
Generasi yang baik akan tercipta dari hubungan yang halal, baik dan dilandasi dengan ilmu. Menikah memberikan kesempatan kepada kita untuk berkontribusi melahirkan genarasi yang baik. Caranya dengan memberikan pendidikan dan teladan yang baik kepada anak-anak kita. Orang tua adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Bagaimana generasi kedepan menjadi lebih baik, ada andil kita didalamnya.

Masih banyak lagi hikmah dibalik anjuran menikah ini. Kelima hal diatas hanyalah sebagian kecil hikmah yang bisa kita petik dari menikah. Menikah bukan hanya perkara cinta mencintai, tapi lebih dari itu, menikah adalah sebuah tanggung jawab untuk melahirkan generasi yang lebih baik kedepannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Hikmah Dibalik Anjuran Menikah

0 comments:

Post a Comment