Blog Tentang Pernikahan dan Serba Serbinya

Sunday 31 January 2016

5 Ketrampilan Yang Harus Dipelajari Sebelum Menikah

Saat menikah kita akan hidup bersama dengan orang yang kita sayangi berdua. Kondisi ini mengharuskan kita untuk hidup lebih mandiri. Persoalan apapun yang muncul dalam rumah tangga juga harus kita tanggung dan selesaikan berdua. 


Untuk menghadapi berbagai kemampuan, melatih ketrampilan sebelum menikah amatlah diperlukan. Kita tak pernah tahu masalah yang akan kita hadapi nantinya. Namun, dengan melatih berbagai ketrampilan, setidaknya kita memiliki modal untuk menyelesaikan semuanya secara mandiri. Nah, setidaknya ada 5 ketrampilan penting yang sangat baik jika kita mampu menguasainya sebelum menikah. Ini kelima ketrampilan tersebut.

1. Ketrampilan Mendengar
Ketrampilan untuk mendengar mungkin terlihat sepele dan gak perlu dilatih. Toh semua orang bisa mendengar. Ternyata, fakta dalam rumah tangga berbeda. Saking sepelenya masalah ini, banyak pasangan yang merasa tidak dihargai pasangannya karena merasa tidak didengarkan dan diperhatikan lagi. 

Nah, ternyata mendengar bukan masalah yang sepele. Saat berumah tangga, kita saling berbicara dengan menatap pasangan tidak lagi menatap layar handphone. Disitulah akan terlihat mimik memperhatikan, acuh atau sekedar mendengar tanpa perhatian. Pasangan sangat peka terhadap respon yang kita berikan saat ia berbicara. Latihlah ketrampilan mendengar dengan baik. Saat ia berbicara, dengarkan dengan penuh perhatian. Berikan respon secara proporsional, dan berikan solusi saat ia memintanya.

2. Ketrampilan Berpenampilan Menarik
Berpenampilan menarik bukan hanya saat Anda mengejar mendapatkan cintanya saja. Justru setelah berumah tangga, Anda harus bisa tampil cantik maksimal di depannya. Bukan tak lain, bertujuan untuk merawat cinta dalam pernikahan. 

Pasangan pasti akan lebih merasa istimewa jika kita menyuguhkan sisi paling cantik dalam diri kita hanya padanya. Pasangan juga pasti akan lebih bangga saat orang lain melihat pasangan kita berpenampilan menarik sesuai dengan tempatnya. 

3. Ketrampilan Memasak
Seorang suami tentu sangat ingin dan sangat senang sekali menyantap masakan yang dihidangkan oleh istrinya. Apalagi jika masakannya berasal dari tangannya sendiri. Suami akan merasa sangat diistimewakan dengan sajian tersebut. 

Ketrampilan memasak juga merupakan poin penting yang harusnya bisa dilakukan oleh para istri. Tak perlu belajar hingga jago memasak, namun pengetahuan dasar tentang memasak setidaknya harus dikuasai. Jam terbang atau pengalaman yang lambat laun membuat Anda jago memasak. Setidaknya bagi penikmat spesial masakan Anda, keluarga.

4. Ketrampilan Mengurus Rumah Tangga
Saat berumah tangga nanti kita akan hidup berdua bersama pasangan. Setiap pasangan harus bisa saling mengisi dan melengkapi kebutuhan dalam rumah tangga. Baik dari kelengkapan kebutuhan hingga kebersihan dan perawatannya. 

Memiliki ketrampilan dalam mengurus rumah tangga, akan memudahkan kita untuk memiliki rumah dan lingkungan yang sejuk, nyaman dan teratur. Perasaan betah tinggal di rumah bersama pasangan juga akan lebih romantis. Tak ada salahnya mulai saat ini belajar untuk bersih-bersih rumah, menata ruangan, mengatur keuangan hingga belanja bulanan. 

5. Ketrampilan Mengatur Keuangan
Salah satu problematika pasangan hidup yang baru memasuki jenjang pernikahan yaitu terlalu boros mengguanakan uang. Pola hidup single nampaknya sering terbawa ke dalam rumah tangga muda. Padahal masalah uang bisa mejadi konflik klasik dalam rumah tangga.

Untuk menghindari hal tersebut, kita juga harus melatih diri mengatur keuangan. Mulai dari hal prioritas, mendesak hingga hiburan harus diperhatikan. Jangan lupa alokasikan dana untuk menabung karena kita pasti akan punya anak dalam rumah tangga. Belajar dari buku-buku financial atau ahli yang expert di bidangnya bisa menjadi rujukan yang menarik. 

Menjelang pernikahan bukan berarti kita berhenti belajar. Justru saat itulah kita dilatih untuk lebih terampil mengerjakan apapun secara mandiri. Hidup berdua bersama pasangan yang kita cinta adalah hal yang kita impikan. Mengisi rumah tangga dengan hal-hal yang menarik berdua adalah hal yang membahagiakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Ketrampilan Yang Harus Dipelajari Sebelum Menikah

0 comments:

Post a Comment